DPR AS menyetujui RUU pertahanan sebagai pukulan ke Trump

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Washington,

Anggota parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat AS mengirim pesan tegas kepada Presiden Donald Trump pada hari Selasa ketika mereka sangat meloloskan RUU pengeluaran pertahanan yang mengancam akan diveto oleh panglima tertinggi tersebut.

335-78 suara menyetujui tagihan raksasa $ 731 miliar memastikan bahwa DPR memiliki cukup suara untuk mengesampingkan veto potensial. Tidak jelas apakah Senat juga akan memiliki mayoritas bukti veto ketika dikirim ke majelis.

Trump telah berjanji untuk memveto RUU tersebut karena berisi ketentuan tertentu yang telah disuarakan ketidaksetujuannya sementara tidak memiliki yang lain yang dia tuntut. Tetapi sebagian besar pendukung Partai Republiknya melawan ancamannya dalam memberikan suara untuk RUU tersebut.

Trump mengecam persyaratan bahwa Departemen Pertahanan mengganti nama instalasi militer yang menyandang nama jenderal Konfederasi. Konfederasi adalah gerakan separatis yang berperang melawan AS pada pertengahan 1800-an untuk mempertahankan hak memiliki orang kulit hitam sebagai budak.

Pangkalan, serta monumen untuk menghormati Konfederasi, menjadi titik nyala protes publik menyusul pembunuhan orang kulit hitam yang melibatkan polisi, termasuk George Floyd pada Mei.

Trump juga mengancam veto jika RUU tersebut tidak memasukkan ketentuan yang mencabut undang-undang yang dikenal sebagai Pasal 230 yang melindungi perusahaan media sosial dari tindakan hukum atas konten yang diposting oleh penggunanya.

Trump dan sekutunya dari Partai Republik telah berusaha untuk fokus pada Pasal 230 dalam kritik mereka terhadap apa yang mereka katakan sebagai upaya perusahaan media sosial untuk menyensor sudut pandang konservatif.

Pada bulan Mei, Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang menyerukan agar peraturan baru diberlakukan pada perlindungan hukum, yang merupakan bagian dari undang-undang tahun 1996 yang sebagian besar sudah tidak berlaku yang telah digunakan untuk melindungi perusahaan internet dari tuntutan hukum.

Bagian 230 adalah satu dari sedikit bagian yang tersisa dari Undang-Undang Kepatutan Komunikasi, yang sebagian besar dibatalkan oleh Mahkamah Agung karena masalah kebebasan berbicara.

Jika Senat mengikuti DPR dalam menyetujui RUU pertahanan dengan selisih besar, tidak jelas apakah Trump akan mengeluarkan hak veto ketika RUU tersebut mencapai mejanya. Melakukan hal itu akan berisiko menjadi tonggak sejarah yang memalukan di senja hari masa kepresidenannya.